Jumat, 24 Februari 2012

Mentimun, pelengkap Makanan yang berkhasiat


Mentimun yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus telah lama dikenal sebagai pelengkap bahan makanan, lalapan, campuran pecel, dibuat acar, atau minuman segar. Mentimun, mengandung 0,65 persen protein, 0,1 persen lemak dan 2,2 persen karbohidrat. Buah tanaman merambat ini juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2 dan Vitamin C. biji timun sendiri mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati cacingan.
Pemakaian luar:
Buah mentimun dicuci lalu diiris-iris. Irisan mentimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang berjerawat. Lakukan setiap hari. Ambil juga ujung buah mentimun sepanjang kira-kira 5 cm, lalu parut. Ambil kunyit sebesar ibu jari, kemudian ditumbuk dan ambil airnya. Air kunyit itu dicampurkan dalam mentimun yang sudah diparut itu. Kemudian sapukanlah ke wajah. Lakukan setiap hari sampai flek menghilang . atau, anda bisa menggunakan spray toner buatan sendiri. Caranya, parut satu buah mentimun yang sudah dikupas. Saring dan ambil airnya, campurkan dengan dua sendok teh madu. Kemudian masukan campuran itu ke dalam botol yang dilengkapi alat penyemprot. Semprotkan ke wajah dua kali.
Sakit tenggorokan :
Caranya, campurkan sedikit biji mentimun dengan sedikit garam. Kemudian tambahkan air. Gunakan campuran itu untuk berkumur.
Diminum atau dikonsumsi :
Tekanan darah tinggi :
Caranya, 2 buah mentimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.
Sariawan :
Setiap hari makan buah mentimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara rutin.
Membersihkan ginjal :
Mentimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.
Demam :
Ambil mentimun secukupnya, dicuci  bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakan diatas perut.
Haid tidak teratur :
Giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap srep, 10 lembar daun sambaing colok, tambahkan air garam secukupnya. Kemudian diusapkan ke perut , lalu balut. Lakukan dua kali sehari.
Sebagai penyegar mulut :
Setelah menyikat gigi, makanlah beberapa iris buah mentimun. Nafas anda pun akan terasa segar. (red-dari berbagai number)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar